Belajar Bahasa Inggris

Banyak orang yang pengen bisa bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, global yang sangat dibutuhkan untuk bersaing ke seluruh dunia. Apalagi pada zaman yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini.
Persaingan kita tidak hanya lokal Indonesia tapi sudah Global seluruh dunia. Banyak profesi-profesi bisa kita turuti secara online diantaranya penerjemah bahasa, designer, penulis artikel, website designer dan lain sebagainya… Di situ situ seperti 99design.com atau freelancer.com dibuka lowongan untuk mereka yang mempunyai skill sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Tentu saja pengantarnya adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu banyak orang yang ingin bisa bahasa Inggris.

Namun sebagai orang Indonesia ada hal yang menjadi tantangan kita bersama. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris itu bukan merupakan bahasa kita sehari-hari. Jadi kita kurang terbiasa dalam menggunakannya.. Lantas Bagaimana cara agar kita bisa menguasai bahasa Inggris dengan lebih mudah?

Sekitar 7 tahun yang lalu saya pernah mengikuti les bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kediri. Di sana banyak sekali pengajar dengan berbagai macam gaya mengajar. Tentu saja dengan cara mengajar bahasa Inggris yang asik ada salah satu guru favorit saya. Namanya saya lupa. Namun yang saya ingat adalah dia sangat-sangat lancar berbahasa Inggris dan bisa mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan sangat baik. Atau bisa dikatakan pronunciation yang sangat bagus. Lantas saya tak bertanya di manakah dia belajar? Dan Dia memberikan tips kepada saya bagaimana belajar bahasa Inggris dengan cepat walau itu dilakukan secara otodidak. Sebenarnya tips-tipsnya simpel tapi nyatanya dia bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. Mau tahu tips-tipsnya yuk simak penuturan di bawah ini

Yang pertama yaitu 
Banyaklah membaca kosakata atau vocabulary. Adapun cara untuk memperbanyak kosakata dalam Bahasa Inggris itu bisa ditempuh dengan berbagai macam cara. Jangan melulu memikirkan cair cara yang tidak menyenangkan seperti menghafal kamus tentu saja kita akan kesulitan untuk melakukannya karena itu sangat membosankan tapi untuk memperbanyak vocabulary disini bisa kita lakukan dengan banyak hal. Misalnya… Jika anda suka mendengar musik, pilihlah lagu-lagu bahasa Inggris… Berusahalah untuk tidak hanya menikmati musiknya saja tetapi cari tahu apa itu liriknya dan berusahalah untuk menyanyikannya dengan cara yang hampir sama pengucapannya dengan penyanyi aslinya. Berusahalah menyanyikannya dengan pronunciation yang benar. Mendengarkan berkali-kali lirik yang dinyanyikan. Misalnya Anda sudah cukup Advance disini dan tidak tahu lirik Apa itu yang diucapkan, maka berusahalah untuk menekannya. Jika ada udah menurut kah apa itu liriknya cobalah search di Google dan bandingkan Apakah hasil terkaan anda itu sesuai dengan lirik aslinya? Jika sudah banyak yang sama maka selamat ada sudah bisa listening dengan baik.

Lalu cara yang lain untuk lebih menanamkan vocabulary dalam diri kita agar kita tidak melupakannya yaitu dengan cara menulis. Tulislah semua hal dengan bahasa Inggris mampu kita. Apakah anda masih malu menulis dalam bahasa Inggris? Singkirkan rasa malu itu dan Coba lah yang terbaik yang kalian bisa. Coba saja dari hal yang simple jangan terlalu susah dulu. Misalnya sMS dengan bahasa Inggris, menulis status dengan bahasa Inggris, boleh juga dengan komen di media sosial menggunakan bahasa Inggris…

Lakukan semua hal ini setiap hari dan rasakan apa yang terjadi.
Sebenarnya metode untuk belajar bahasa Inggris yang baik adalah dengan metode immersion. Yakni

Dan salah satu cara untuk melakukan metode immersion itu adalah kita mencoba membenamkan diri kita dalam bahasa Inggris full yang artinya tiada bahasa yang lain yang digunakan selain bahasa Inggris. Kita seolah-olah pilihannya, seolah-olah kita berada di luar negeri yang kita tidak bisa ngomong selain dengan bahasa Inggris karena orang lain tidak mengerti apa yang kita ucapkan. Cobalah untuk praktek berbicara dalam bahasa Inggris kepada siapa aja yang kamu temui. Anggaplah semua orang disekitarmu itu adalah orang asing yang tidak pakai bahasa Indonesia dan kamu wajib bicara dengan Bahasa Inggris karena yang lain hanya bisa mengerti bahasa Inggris. Jika misal kamu masih malu untuk berbicara dalam bahasa Inggris kepada orang-orang sekitar maka cobalah untuk berbicara dengan Bahasa Inggris di dalam hati dengan self self Talk..

Cara berikutnya untuk menambah kosakata kita atau vocabulary, dan semakin memantapkan vocab kita juga melatih pendengaran kita sensitifitas kita terhadap vocabulary adalah dengan menonton film yang tentu saja dengan bahasa Inggris. Jika mau nonton film jangan menggunakan bahasa Indonesia.. Misalnya kita belum mengerti apa yang diucapkan tokoh dalam film jangan menggunakan subtitle dalam bahasa Indonesia namun gunakanlah subtitle dalam bahasa Inggris. Dan berusahalah untuk mencocokkan Apa yang kamu lihat dengan apa yang kamu dengar serta berusahalah untuk mencari tahu apa itu artinya.
Banyak film barat yang bagus dan menarik yang bisa dipilih menurut selera. Sembari mendengarkan apa yang mereka ucapkan pelajarilah apa artinya dalam bahasa Indonesia percakapan pada film tersebut.

Misalnya nih Kamu sudah agak Advance dalam bahasa Inggris maka berusahalah nonton film tanpa subtitle. Berusahalah untuk meraba-raba dan menerka apa yang tokoh dalam film itu ucapkan sesuaikan dengan alur ceritanya. Karena misalnya kamu sekalian ketemu bule di jalan, kalian tidak akan melihat subtitle yang bisa berjalan dibawa bule tersebut bila Bule itu ngomong.

Semakin sering kamu menonton film tanpa subtitle maka akan semakin membuat bahasa Inggris mu semakin Advance. Lakukan semua tips itu berulang-ulang dan semoga kalian bisa fasih dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

jika kamu pengen belajar secara lebih terarah, maka bisa menggunakan panduan belajar bahasa inggris hello america. Hello america adalah seperangkat audio dan video serta buku-buku yang secara khusus dirancang untuk mereka yang pengen belajar bahasa inggris dari rumah tanpa keluar rumah. Materinya disusun berjenjang dari tingkat beginner sampai advance. Maka, ndak ada istilah ndak PD walaupun basic kamu pas-pasan. ini adalah halaman resminya>> Hello America Grolier

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *