Mengintip Masa Lalu Kontraktor Kubah Masjid Enamel

Mengintip Masa Lalu Kontraktor Kubah Masjid Enamel

Mengintip Masa Lalu Kontraktor Kubah Masjid Enamel

Assalamualaikum Wr. Wb. , Hai Sahabat yang berbahagia semua ,apa kabar, pastinya kalian semua pada sehat sehat bukan , Alhamdulilah deh  kalo semua pada sehat sehat. Nah untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Sejarah Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura. Sedikit penjelasan tentang Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura. Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi adalah peninggalan Kesultanan Langkat yang berada Tanjung Pura, Sumatera Utara. Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini terletak di tepi jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh dan Medan. Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura dibangun oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899, selesai dan sekaligus diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada tanggal 13 Juni 1902.

Menurut Sejarahnya Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura ini berdiri di atas tanah seluas sekitar 2 hektar yang di bangun atas anjuran atau nasehat Syekh Abdul Wahab Babussalam Pada  masa pemerintahan Sultan Langkat Haji Musa . Mulai di kerjakan pembangunanya Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura pada tahun 1889. Akan tetapi Sultan Langkat Haji Musa wafat terlebih dahulu sebelum pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura Rampung. Akhirnya Pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura di lanjutkan oleh Putranya yakni Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah yang merupakan sultan langkat ke 7.

Tentang rancangan dari Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah ini di tanda tangani oleh seorang arsitektur berkebangsaan jerman. Para pekerja pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura sendiri diantaranya banyak berasal dari etnis Tionghoa dan masyarakat Sendiri. Untuk Bahan bangunan dari Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura ini didatangkan langsung dari Penang Malaysia dan Singapura denga menggunakan kapal ke tanjungpura. Setelah rampung pengerjaan dari Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi Tanjung Pura, langsung diresmikan sendiri oleh Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah yang dimana bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Saw dan juga sekaligus peringatan perubahan kerajaan menjadi kesultanan langkat pada tanggal 13 juni 1902M. Total biaya dari pembangunan Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah sendiri sekitar 200.000 atau sekitar 640.255.487 juta rupiah. Dan dinamai Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi sesuai dengan nama Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah sendiri.

Dan di sekarang ini Setiap tahunnya selalu diadakan Festival Azizi di Kontraktor Kubah Masjid Enamel ini. acaranya mulai dari lomba barzanzi, azan, marhaban, dan baca puisi dan lain lain. Festival tersebut diselenggarakan untuk memperingati wafatnya Syeikh Abdul Wahab Rokan, yang dikenal sebagai ulama penyebar Agama Islam. Pengikutnya menyebar hingga ke Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, dan negara-negara Asia Tenggara. Festival bernuansa Islami itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi dan sejarahnya disebut Festival Azizi Hanya karena bertempat di Kontraktor Kubah Masjid Enamel Azizi saja.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *