5 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Anak Anda

Usia balita merupakan usia dimana anak anda aktif untuk mengeksplor banyak hal. Dikarenakan hal tersebut, sikecil bisa saja meluangkan banyak waktu diluar dan juga bergerak lebih banyak. Melakukan kegiatan-kegiatan itu mungkin akan membuat anak anda semakin lincah tetapi disisi lain dapat membahayakan kondisi kesehatan anak.

Terlebih bermain diluar memperbesar kemungkinan virus menginfeksi imun anak anda. Maka dari sangat penting pengawasan orang tua ketika anak anda berada pada fase ini. Tapi apa ada cara mudah dalam menjaga kesehatan anak anda? Jangan khawatir, dibawah ini kami ranngkum 5 cara ampuh untuk menjaga kesehatan anak anda.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

1. Selalu menyiapkan santapan bergizi bagi sikecil

Makanan dikonsumsi oleh anak anda sangat mempengaruhi perkembangan tubuh anak anda. Dengan mengkonsumsi makanan sehat penuh vitamin dan zat-zat baik lainya, daya tahan tubuh anak akan menjadi kuat dan dapat menangkal berbagai macam penyakit ataupun virus mencoba untuk masuk dan menginfeksi tubuh sikecil. Ada beberapa unsur gizi yang harus anak anda penuhi, unsur gizi tersebut adalah karbohidrat, lemak, vitamin, protein dan mineral. Komposisi gizi yang disarankan sendiri berkisar 50-70 persen karbohidrat, 10 sampai 15 persen protein serta 20 sampai 30 persen lemak.

2. Menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan sikecil

Bukan hanya gizi sikecil saja harus diperhatikan, kebersihan sikecil pun penting untuk dijaga dari dini. Anda bisa mengajari sikecil dari dini agar paham betul tentang pentingnya kebersihan diri. Cukup dimulai dari kebiasaan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan serta melakukan buang air kecil dan besar secara mandiri, menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur dan mencuci kaki agar terhindar dari kuman maupun infeksi.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

3. Olahraga yang cukup

Bukan hanya orang dewasa perlu olahraga, anak kecil juga perlu dan harus melatih tubuhnya agar memperkuat daya tahan imun tubuh. Biasakan untuk memiliki jadwal olahraga minimal 1 jam sehari. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa lari, menari, berayun, ataupun jalan jalan ringan dilakukan dipekarangan atau taman kota. Jika anak anda sudah terbiasa untuk bergerak dari dini, anak anda akan terhindar dari obesitas dan dapat memiliki tubuh yang bugar.

4. Tidak membeli jajanan diluar

Satu dari banyak hal dapat membuat daya tahan tubuh menurun adalah jajan sembaranngan. Memang tidak semua makanan yang dibeli diluar itu tidak sehat, tetapi kita tidak pernah tahu apa kebersihan dari makanan tersebut sudah terjamin dan memiliki risiko rendah bebas dari bakteri. Maka dari itu disarankan agar membatasi jajan sikecil atau lebih baik lagi menyediakan santapan sikecil dari rumah. Selain dapat meminimalisir uang jajan juga lebih hygenis dan sehat untuk dikonsumsi buah hati.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

5. Melakukan imunisasi

Balita disarankan untuk melakukan imunisasi pada waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan balita anda memenuhi jadwal waktu tersebut agar daya tahan tubuh sikecil terbentuk dari dini serta dapat menimalisir resiko terkena penyakit yang sudah dimunisasikan. Beberapa imunisasi yang diberikan diantaranya adalah imunisasi untuk penyakit hepatitis B, Polio, campak, BCG, dan DPT.Mam.

Itu dia 5 cara ampuh untuk menjaga kesehatan anak anda. Jangan lupa untuk konsultasikan lebih lanjut pada dokter jika kondisi anak anda tidak dapat ditangani dengan cara tradisional. Mulailah hidup sehat dari dini untuk investasi diri masa depan.