5 Cara Sigap Tangani Flu Anak Anda Dirumah

Dimusim hujan yang cukup dingin ini, mungkin penyakit flu sudah tidak asing. Wabah flu sendiri biasanya dipicu oleh banyak faktor, salah satunya cuaca berubah terus, polusi dan banyak lagi faktor lainya. Sama halnya seperti orang dewasa pemain situs judi online, anak-anak juga dapat terserang penyakit yang cukup umum diderita ini. Lantas, apa penanganan orang dewasa dan anak kecil yang menderita flu? Jawabanya pasti beda. Dengan berbedanya imun tubuh maupun kesensitifan anak terhadap obat berdosis tinggi, mungkin ada baiknya untuk merawat anda anda tanpa obat ketika menderita flu.

Dibawah ini kami ringkas 5 cara sigap tangani flu anak anda dirumah untuk anda.

Flu Anak
Flu Anak

1. Uap Panas

Menurut salah satu ahli ternaman dari Royal College of General Practitioners, Profesor Steve Field, flu merupakan penyakit disebabkan oleh sekelompok virus dan juga merupakan respon dari kondisi imun tubuh kurang baik. Dikarenakan hal tersebut, saluran hidung dan lapisan sinus anda dapat membengkak dan menyebabkan buah hati anda bersin, batuk, pilek dan merasa sakit dibagian mata.

Dengan banyaknya gejala gejala tersebut, beliau menyarankan pengobatan melalui uap panas adalah cara terbaik untuk meredekan pilek. Anda sendiri tidak perlu pergi jauh jauh ke tempat terapi. Cukup dengan memanaskan air hingga sampai matang panas dan memasukan air itu kedalam mangkok. Ajak anak anda untuk menghirup uap dari air tersebut. Anda juga bisa menambah tanaman obat ataupun kayu putih pada mangkuk air mendidih tersebut untuk menambah aroma relaksasi.

Flu Anak
Flu Anak

2. Air hangat

Menurut salah satu ahli bernama professor Ron Eccles, Direktur Common Cold Research center, air hangat merupakan minuman jitu untuk meredakan pilek serta batuk berdahak. Sebuah studi membuktikan bahwa meminum minuman hangat dapat melegakan aliran udara hidung tersumbat. Dengan meminum air hangat, hidung anak anda pilek akan mengalami penurunan penyumbatan sehingga akan lebih merasa ringan juga bugar.

3. Makan sup ayam hangat

Daging ayam memiliki zat anti-virus baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, maka dari itu konsumsi sup ayam hangat saat menderita influenza sangatlah direkomendasikan. Tentu konsumsi sup buatan sendiri lebih dianjurkan agar bahan maupun kebersihan yang anak anda makan. Sup ayam juga dapat membuat tubuh anda hangat serta terhindar dari dehidrasi serta memberikan efek relaksasi jika anda menghirup uapnya.

Flu Anak
Flu Anak

4. Minum air putih yang banyak

Ketika tubuh kita diserang oleh virus, imun tubuh kita akan berusaha melawan juga pada saat itu juga kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Untuk itu, sangat disarankan bagi seluruh penderita flu, dewasa maupun anak-anak untuk banyak minum air mineral agar cairan tubuh anak anda tidak habis.

5. Madu

Mengkonsumsi madu dapat memperbaiki kesehatan anda secara menyeluruh termasuk meredakan flu. Jika dikonsumsi menjelang tidur, madu akan efektif untuk menyembuhkan batuk pilek anda dibandingkan obat berzat kimia. Untuk anak-anak sendiri khususnya anak berumur 1-5 tahun dosis yang diberikan sekitar setengah sendok makan dan satu sendok makan untuk usia 6-11 tahun.

Flu Anak
Flu Anak

Jika anak anda cukup dewasa atau sekitar 12 tahun keatas, anda dapat memberikan takaran dua sendok makan. Perlu diingat bayi dibawah satu tahun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu. Itu dia 5 cara sigap tangani flu anak anda dirumah. Jika kondisi anak anda belum juga membaik, segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat.