Hindari Kebiasaan ini Agar Kemampuan Otak Tidak Menurun

Otak termasuk organ penting yang harus di jaga performanya. Karena di sini adalah pusat saraf dan juga pikiran. Walaupun perkembangnnya akan berubah dengan bertambahnya usia namun akan tetap sehat jika dijaga dengan kebiasaan baik. Gaya hidup menjadi faktor penentu dimana otak bisa tetap bekerja walaupun mengalami penuaan. Menghindari berbagai kebiasaan buruk di usia muda dapat menjaga kemampuan otak agar tidak menurun. Jika usia lanjut mampu menurunkan kemampuan berpikir berarti Anda harus lebih aktif melakukan kegiatan positif di http://128.199.145.222.

Kemampuan Otak Tidak Menurun
Kemampuan Otak Tidak Menurun

4 kebiasaan buruk penyebab menurunnya kemampuan otak

Penyakit paling serius diakibatkan dari menurunnya kemampuan otak yaitu Demensia. Penyakit ini berkaitan dengan terjadinya hilang ingatan. Dimana Anda akan merasa kesulitan untuk berpikir, berkomunikasi sampai merasa kebingungan. Dan itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Walaupun rentan terjadi pada usia lanjur dari 65 tahun ke atas, bisa saja juga Anda alami karena kurangnya mengontrol gaya hidup. Dari mulai memilih makanan tepat untuk kesehatan otak sampai banyaknya beban pikiran tidak bisa terkontrol. Anda wajib mengetahui 4 kebiasaan buruk berikut yang harus di hindari :

– Sering Konsumsi makanan siap saji

Sekarang ini banyak aneka kuliner yang siap santap dengan varian rasa lezat. Tentu ini tidak bisa dihindari oleh banyak kalangan. Sehingga tak heran jika setiap hari makanan siap saji selalu menjadi incaran. Dan tak sedikit pula yang tidak memperdulikan efek dari seringnya mengkonsumsi jenis makanan ini. Kebiasaan buruk inilah akan mempengaruhi kinerja otak semakin menurun. Dari mulai kandungan lemak sampai gula berlebihan bisa menurunkan IQ anda. Mulai hindari menyantam hamburger, minuman bersoda sampai keripik kentang dan ganti dengan konsumsi kacang-kacangan, sayuran dan gandum.

– Memiliki waktu tidur sedikit

Tak sedikit orang masih melakukan aktivitas di jam-jam malam karena masih banyak pekerjaan yang menumpuk. Apalagi bagi seorang workerholic tidak memiliki waktu panjang untuk tidur setelah seharian bekerja. Dan kebiasaan inilah yang membuat fungsi otak menjadi menurun. Dari mulai mudah lelah sampai menimbulkan stress akan cepat terasa. Padahal optimalnya waktu tidur harus 8 jam per hari. Belum lagi dengan konsumsi makanan membuat kebiasaan semakin rusak seperti konsumsi alkohol dan cafein. Jika ini dilakukan maka sudah pasti otak Anda menjadi cepat rusak.

Kemampuan Otak Tidak Menurun
Kemampuan Otak Tidak Menurun

– Tubuh kurang bergerak

Olahraga harus menjadi kegiatan wajib bagi semua orang. Ini dilakukan agar semua otot mengalami pergerakan sehat. Orang-orang memiliki aktivitas padat justru tidak memperhatikan kebutuhan satu ini. Padahal jika Anda termasuk orang jarang atau tidak sama sekali melakukannya akan lebih rentan mengalami Alzheimer. Juga mudah terserang diabetes, tekanan darang tinggi sampai penyakit jantung. Untuk itu membuat jadwal rutin berolahraga sangatlah baik untuk tubuh walaupun hanya dilakukan 30 menit saja setiap harinya.

Kemampuan Otak Tidak Menurun
Kemampuan Otak Tidak Menurun

– Merokok

Sudah banyak orang tahu seperti apa efek merokok pada tubuh. Namun tetap saja masih ada yang tidak perduli akan akibatnya. Padahal kebiasaan ini akan mempengaruhi kemampuan otak Anda. Penyakit Alzheimer dan Demensia akan lebih mudah terjadi pada seorang perokok. Juga peluang besar terserang stroke, diabetes, darah tinggi dan jantung.
Mulai sekarang Anda harus menghindari 4 kebiasaan buruk tersebut. Karena untuk melindungi otak tetap sehat dan bekerja dengan baik harus dilakukan sejak muda. Agar jika sudah masuk usia lanjut Anda masih bisa merasakan nikmatnya hidup dengan kondisi yang bugar dan bebas dari penyakit.

5 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Parenting

5 Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Anak Anda

Usia balita merupakan usia dimana anak anda aktif untuk mengeksplor banyak hal. Dikarenakan hal tersebut, sikecil bisa saja meluangkan banyak waktu diluar dan juga bergerak lebih banyak. Melakukan kegiatan-kegiatan itu mungkin akan membuat anak anda semakin lincah tetapi disisi lain dapat membahayakan kondisi kesehatan anak.

Terlebih bermain diluar memperbesar kemungkinan virus menginfeksi imun anak anda. Maka dari sangat penting pengawasan orang tua ketika anak anda berada pada fase ini. Tapi apa ada cara mudah dalam menjaga kesehatan anak anda? Jangan khawatir, dibawah ini kami ranngkum 5 cara ampuh untuk menjaga kesehatan anak anda.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

1. Selalu menyiapkan santapan bergizi bagi sikecil

Makanan dikonsumsi oleh anak anda sangat mempengaruhi perkembangan tubuh anak anda. Dengan mengkonsumsi makanan sehat penuh vitamin dan zat-zat baik lainya, daya tahan tubuh anak akan menjadi kuat dan dapat menangkal berbagai macam penyakit ataupun virus mencoba untuk masuk dan menginfeksi tubuh sikecil. Ada beberapa unsur gizi yang harus anak anda penuhi, unsur gizi tersebut adalah karbohidrat, lemak, vitamin, protein dan mineral. Komposisi gizi yang disarankan sendiri berkisar 50-70 persen karbohidrat, 10 sampai 15 persen protein serta 20 sampai 30 persen lemak.

2. Menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan sikecil

Bukan hanya gizi sikecil saja harus diperhatikan, kebersihan sikecil pun penting untuk dijaga dari dini. Anda bisa mengajari sikecil dari dini agar paham betul tentang pentingnya kebersihan diri. Cukup dimulai dari kebiasaan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan serta melakukan buang air kecil dan besar secara mandiri, menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur dan mencuci kaki agar terhindar dari kuman maupun infeksi.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

3. Olahraga yang cukup

Bukan hanya orang dewasa perlu olahraga, anak kecil juga perlu dan harus melatih tubuhnya agar memperkuat daya tahan imun tubuh. Biasakan untuk memiliki jadwal olahraga minimal 1 jam sehari. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa lari, menari, berayun, ataupun jalan jalan ringan dilakukan dipekarangan atau taman kota. Jika anak anda sudah terbiasa untuk bergerak dari dini, anak anda akan terhindar dari obesitas dan dapat memiliki tubuh yang bugar.

4. Tidak membeli jajanan diluar

Satu dari banyak hal dapat membuat daya tahan tubuh menurun adalah jajan sembaranngan. Memang tidak semua makanan yang dibeli diluar itu tidak sehat, tetapi kita tidak pernah tahu apa kebersihan dari makanan tersebut sudah terjamin dan memiliki risiko rendah bebas dari bakteri. Maka dari itu disarankan agar membatasi jajan sikecil atau lebih baik lagi menyediakan santapan sikecil dari rumah. Selain dapat meminimalisir uang jajan juga lebih hygenis dan sehat untuk dikonsumsi buah hati.

Kesehatan Anak Anda
Kesehatan Anak Anda

5. Melakukan imunisasi

Balita disarankan untuk melakukan imunisasi pada waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan balita anda memenuhi jadwal waktu tersebut agar daya tahan tubuh sikecil terbentuk dari dini serta dapat menimalisir resiko terkena penyakit yang sudah dimunisasikan. Beberapa imunisasi yang diberikan diantaranya adalah imunisasi untuk penyakit hepatitis B, Polio, campak, BCG, dan DPT.Mam.

Itu dia 5 cara ampuh untuk menjaga kesehatan anak anda. Jangan lupa untuk konsultasikan lebih lanjut pada dokter jika kondisi anak anda tidak dapat ditangani dengan cara tradisional. Mulailah hidup sehat dari dini untuk investasi diri masa depan.