Batu Caves Selangor, Berpetualang Sekaligus Beribadah di Perbukitan Kapur

Batu caves Selangor merupakan ikon wisata Malaysia berupa cand, kuil hindu di antara perbukitan kapur. Keunikan dari tempat ini adalah perayaan kesenian budaya umat Hindu disebut Thaipusam. Upacara Sakral ini hampir setiap tahun diadakan, tepatnya saat bulan Purnama antara Januari sampai Februari.

Sarana paling mudah pergi ke kawasan ini menggunakan KTM Komuter dari KL Sentral. Melewati 7 stasiun pemberhentian untuk tiba di lokasi tujuan, biayanya RM 2,6. Bisa juga menggunakan Bus Intrakota No. 11D pemberangkatan dari Central Market. Atau menggunakan taksi, tetapi tarifnya cukup mahal.

Destinasi Wisata Unik di Kawasan Wisata

Selain digunakan sebagai kawasan wisata Batu Caves Selangor merupakan tempat peribadatan sekaligus perziarahan terbesar umat Hindu seluruh dunia. Menuju area utama memerlukan sedikit tenaga, karena harus mampu naik 272 anak tangga. Disampingnya wisatawan akan disambut patung raksasa Dewa Murugan serta beberapa burung merpati.

Rasa lelah akan terbayar lunas setibanya diatas. Pemandangan indah kota Selangor, perbukitan jadi satu. Ada pula kuil untuk tempat ibadah serta pemujaan. Terlihat pula lukisan, menceritakan Dewa Murugan dengan Soorapadman. Sebelum tiba di area utama, ada sebuah tempat bernama Dark Cave.

Sebuah goa dengan sarang laba-laba langka, panjangnya 850 meter. Untuk mengikuti tur dikenakan tarif RM 35 selama 45 menit. Mendapatkan fasilitas berupa helm serta penerang jalan berupa senter. Ada banyak ilmu pelajaran bisa didapatkan seperti kehidupan laba-laba, hanya ada di Batu Caves Selangor saja.

Kemudian, perjalanan sejarah, edukasi mengenai jenis batu, hingga kehidupan hewan didalamnya. Tersedia pula paket tur selama 4 jam, menyusuri berbagai celah gua, melihat bagaimana keadaan didalam. Untuk bisa menikmatinya, diharapkan observasi terlebih dulu. Biasanya hanya tersedia pada saat weekend dalam jumlah terbatas.

Caves Villa, Goa Warna-Warni serta Banyak Lampu

Tidak kalah menarik adalah Cave Villa. Goa warna-warni ini memiliki banyak lampu. Biasanya digunakan sebagai salah satu spot foto. Pelajaran sejarah mengenai mitologi ajaran Hindu, tersedia juga berbagai kata-kata damai. Bila dibaca akan menenangkan hati, serta memberikan pelajaran tentang kehidupan dari sudut pandang agama.

Kata tersebut ditempatkan dalam pigura seta plakat tersusun rapi, tidak ada salahnya untuk dibaca serta dipahami. Ada juga pelajaran mengenai berbagai habitat hewan reptile, seperti ular. Semuanya sudah tersedia didalam. Penjelasannya singkat, jelas, padat, sebagian besar menggunakan bahasa inggris serta melayu.

Upacara Thaipusam, Upacara Keagamaan Thaipusam

Satu alasan mengapa wisatawan wajib mengunjungi Batu Caves Selangor adalah melihat upacara keagamaan Thaipusam. Keunikan dari festival ini tidak hanya digelar disini saja. Melainkan, umat Hindu Tamil di seluruh dunia. Acara tersebut memuja dewa perang memiliki kemenangan wajah enam, serta Dewa Murugan.

Festival ini paling ditunggu seluruh umat Hindu. Merupakan bentuk penyucian diri dari segala perbuatan dosa selama satu tahun. Prosesinya cukup panjang, sebulan sebelumnya wajib membawa kavadi atau batang besi dihias menggunakan bentik, bulu burung merak, bunga, serta dedaunan.

wajib berpuasa, berdoa disiplin jasmani rohani, membuat diri mereka suci di mata Dewa. Tidak boleh berhubungan suami, diet makan sayuran. Saat prosesi, menempatkan patung subramaniam di atas kereta perak. Kemudian, diarak berkeliling diiringi lagu tradisional. Para pemuja, mengambil kavandi, membawanya dipikul di atas bahu.

Kavadi tersebut diletakkan di Dewa Murugan sebagai bentuk penghormatan menyembah Dewa Subramaniam. Para pemuja wajib menancapkan besi kavadi ke bagian kulit atau lidah. Mereka akan naik tangga dengan menari mengikuti irama. Konon, para pemuja sudah melepaskan diri dari dunia, sehingga tidak merasakan sakit.

Tips untuk Pergi ke Batu Cave Selangor

Sebagai salah satu tempat suci, harap menggunakan pakaian sopan. Jangan celana pendek atau rok, usahakan lebih tertutup. Bila terpaksa, lebih baik menyewa kain agar bisa naik ke atas. Usahakan tidak membawa terlalu banyak barang bawaan terutama makanan minuman karena, ada banyak kera berkeliaran.

Hewan tersebut siap mengambil paksa makanan atau minuman bahkan tidak segan menyakiti. Menghindari terjadi sesuatu hal, lebih baik tidak membawa apa-apa. Siapkan baterai cadangan atau power bank. Terutama untuk foto selfie atau translate online, hampir sebagian besar petunjuknya menggunakan bahasa inggris atau melayu.

Bila datang saat perayaan upacara Thaipusam, harap hati-hati dengan barang bawaan. Banyak orang datang dari berbagai negara. Usahakan datang pagi, agar mendapatkan tempat terbaik untuk melihat prosesi dari awal sampai akhir. Termasuk mengambil beberapa gambar atau video.

Banyak petualangan seru bisa didapatkan saat mengunjungi ikon wisata Malaysia ini. Tidak hanya mengenai pemandangan indah saja melainkan, pelajaran kehidupan, fauna, serta ajaran agama. Tetapi, siapkan tenaga terutama fisik, rugi bila tidak menjelajah semua kawasan di Batu Caves Selangor ini.