Ketahui 4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Cara sehat minum kopi perlu diketahui terlebih bagi penggemar minuman berkafein. Kopi seakan telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Bahkan banyak orang mengonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Para pecinta mengakui minuman ini bisa menjadi menu pengganti sarapan paling pas untuk mengawali hari.

Minuman tersebut dipercaya bisa menghilangkan kantuk serta membuat tubuh lebih semangat. Meski demikian, perlu mengetahui cara konsumsinya dengan benar. Mengingat jika berlebihan jumlahnya bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein didalamnya sangat tinggi.

Kafein tersebut berpeluang membuat seseorang mengalami dehidrasi. Selain itu juga mengakibatkan seseorang terkena insomnia, iritasi perut bahkan peningkatan detak jantung serta respirasi. Untuk itu hindari konsumsi secara berlebihan agar tidak berdampak buruk.

Ketahui 4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari
Ketahui 4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Tips Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Berikut ini cara sehat untuk mengonsumsi kopi terutama di pagi hari sebelum beraktivitas, yaitu:

  1. Awali minum air putih

Pastikan telah minum satu gelas air putih sebelum mengonsumsinya di pagi hari. Air putih akan membantu tubuh menjaga cairan sehingga tetap terhidrasi dengan baik. Sebab kandungannya berupa kafein bersifat diuretic atau mampu menghilangkan cairan tubuh.

  1. Perhatikan takaran gula

Pecinta kopi hitam pasti sering menambahkan gula sebagai pemanis. Jika ingin menambahkannya maka perlu memperhatikan takarannya. Gunakanlah sendok takar agar jumlahnya tepat serta tidak berlebihan. Per hari asupan gula harus dibatasi yakni sebanyak enam sendok teh.

  1. Hindari pemanis buatan

Cara sehat minum kopi yakni menghindari tambahan pemanis buatan. Menggunakan pemanis sintetis bisa mengakibatkan seseorang terserang obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit stroke. Akan lebih baik jika menggunakan pemanis alami seperti madu, gula aren atau gula tebu.

  1. Menambahkan rempah-rempah

Rempah-rempah memang sangat jarang digunakan sebagai pelengkap kopi. Bahkan sebagian orang menganggapnya sesuatu aneh. Akan tetapi saat menambahkan jahe, cengkeh, kayu manis, atau pala maka bisa menambah cita rasanya semakin nikmat. Sementara kandungan antioksidannya sangat tinggi juga bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Gunakan kertas filter

Kopi racikan biasanya mengandung zat kafestol juga kahweol. Kedua kandungan tersebut berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah. Untuk itu gunakan kertas filter merupakan cara sehat minum kopi dengan tujuan menyaring zat-zat berbahaya sekaligus untuk mempertahankan kualitas kafein serta kandungan antioksidan didalamnya.

Ketahui 4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari
Ketahui 4 Cara Sehat Minum Kopi di Pagi Hari

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Rupanya mengonsumsi kopi sesuai dengan takaran memiliki manfaat besar untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengurangi risiko gangguan fungsi otak

Penyakit berbahaya berpotensi menyerang otak seperti Demensia serta Alzheimer bisa dicegah dengan konsumsi kopi. Kandungan antioksidan sekaligus antiradang sangat tinggi berpotensi mencegah terjadinya peradangan pada sel otak. Selain itu kandungan kafeinnya juga mampu mencegah penyakit Parkinson.

  1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Satu cangkir minuman ini dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebanyak7%. Hal ini disebabkan kandungan klorogenik serta alkaloid bisa menurunkan kadar glukosa serta insulin pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan konsumsinya tanpa gula, susu atau creamer.

  1. Mencegah kanker payudara

Kopi juga bisa mencegah dari serangan kanker payudara. Kandungan asam klorogenik, kafein serta fitoestrogen bisa bekerja dengan baik didalam tubuh sehingga menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

  1. Meningkatkan stamina

Kandungan kafein pada minuman ini mampu memecah lemak dalam tubuh kemudian diolah menjadi energi. Dengan begitu stamina tubuh akan meningkat sebelum bermain judi ceme online. Oleh sebab itulah, minum kopi di pagi hari atau sebelum melakukan olahraga sangat disarankan.

  1. Mencegah penyakit demensia serta Alzheimer

Penyakit demensia serta Alzheimer merupakan penyakit menyerang saraf manusia. Menurut penelitian, kedua penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah dengan cara konsumsi kopi. Minuman ini bisa menurunkan risiko Alzheimer hingga 50 persen.

Manfaat minum kopi juga bisa memperpanjang umur, sebab bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya. Sehingga angka harapan hidup secara otomatis semakin tinggi. Dengan catatan konsumsinya sesuai dengan takaran serta tidak berlebihan. Selain itu juga perlu diperhatikan cara sehat minum kopi.