Tips Mengatasi Jet Lag Agar Liburan Lebih Menyenangkan

Bagi yang sudah sering berpergian mungkin sudah terbiasa dengan istilah dan tips mengatasi jet lag. Namun, untuk mereka baru pertama kali berlibur terutama ke luar negeri yang mengalami perbedaan waktu mungkin masih asing dengan istilah ini. Daripada langsung berandai-andai dan menerka-nerka, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari jet lag terlebih dahulu.

Keadaan dimana fisiologis seseorang terganggu, karena adanya ritme sirkadian pada tubuh itu dinamakan dengan jet lag. Banyak orang beranggapan bahwa keadaan, dimana kita pusing dan terbawa rasa seperti masih di pesawat itu dinamakan dengan jet lag. Padahal, itu bukan kondisi dimaksud untuk jet lag pada gangguan pola tidur atau jam waktu.

tips mengatasi jet lag
tips mengatasi jet lag

Jika seseorang mengalami jet lag, ada beberapa hal yang mungkin terjadi pada dirinya seperti sulit tidur dan merasa pusing. Belum lagi jika memang ada beberapa negara zona waktunya itu sangat jauh berbeda, hingga lebih dari empat atau lima jam. Untuk itu, ada baiknya mencari tahu tips mengatasi jet lag, agar liburan terasa lebih berkesan.

Melakukan Penyesuaian Waktu

Untuk langkah awal, kita harus mencari tahu perbedaan waktu negara asal dengan negara tujuan. Misalnya saat hendak berlibur ke Australia yang perbedaan waktunya itu 4 jam lebih cepat dengan Indonesia. Untuk itu, kita selama minimal dua hari sebelum keberangkatan coba untuk tidur dan beraktivitas layaknya sedang berada di Australia.

penyesuaian waktu
penyesuaian waktu

Sehingga, ketika besoknya sudah berada di pesawat dan sudah tiba ke negara tujuan tidak harus lagi khawatir akan hal ini. Tetapi, jika saudara mengalami masalah tidur di percobaan hari kedua, untuk tips mengatasi jet lag jangan ragu untuk coba konsumsi obat tidur.

Memilih Keberangkatan Lebih Awal

Lagi-lagi saudarfa terpaksa harus mencari tahu perbedaan waktu dengan negara tujuan. Tidak masalah jika saudara melakukan perjalanan udara di malam hari, agar setibanya di negara tujuan bisa jadi juga masih malam. Sehingga, saudara bisa langsung tidur dan istirahat setibanya sampai disana, dibandingkan dengan tiba di waktu siang.

Konsumsi Banyak Air

Jika ada argumen mengatakan demikian, kita tidak diharuskan untuk minum terlalu banyak. Maksud dari konsumsi banyak air ialah dimana Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh sendiri. Jika tubuh Anda merasa banyak saat mengkonsumsi air 2 liter saja, dalam jumlah segini sudah cukup untuk Anda. Daripada jika dipaksakan malah Anda mengalami masalah buang air kecil di udara.

Hindari Minum Kopi

Jika Anda pecandu kopi dan sulit sekali untuk tidak minum dalam sehari, karena hendak bepergian ke luar negeri Anda harus stop. Karena, jika tidak memperhatikan tips mengatasi jet lag satu ini Anda akan mengalami masalah dengan tidur. Dimana, ketika tubuh seharusnya beristirahat Anda malah merasakan pusing dan tidak bisa tidur.

hindari kopi
hindari kopi

Makan Makanan Berat Sebelum Berangkat

Jangan biarkan perut Anda kosong dan tidak mengkonsumsi apapun saat hendak bepergian ke luar negeri. Pastikan Anda makan makanan berat seperti nasi, namun usahakan lauknya jangan yang pedas dan bisa menyebabkan sakit perut. Hal ini banyak diabaikan oleh para wisatawan mengenai cara mengatasi jet lag.

Setiap orang yang sudah terbiasa naik pesawat mungkin akan biasa saja dengan kondisi jet lag dan sudah tahu cara mengatasinya. Namun bagi Anda yang belum terbiasa tidak masalah dan sebaiknya Anda mulai mencoba tips mengatasi jet lag untuk mengatasinya.