Waspada Bahaya Fogging Nyamuk Mengincar Kesehatan

Saat musim hujan tiba banyak bermunculan penyakit yang meresahkan orang-orang. Salah satunya demam berdarah yang mulai mengincar seluruh kalangan. Adanya genangan air sisa hujan menyebabkan tumbuh dan berkembangnya jentik nyamuk penyebab hadirnya hewan mematikan ini. Dengan adanya keresahan dirasakan, biasanya setiap daerah melakukan pembersihan untuk meminimalisir pertumbuhan nyamuk Aedes aegypti dengan melakukan fogging. Tapi tahukah Anda jika ternyata asap fogging juga mengincar kesehatan Anda? Perlunya kewaspadaan untuk menyikapi proses pembasmian demam berdarah dengan cara http://68.183.181.185.

Asap Fogging
Asap Fogging

5 Gangguan Kesehatan Yang Di Sebabkan Oleh Asap Fogging

Fogging adalah cara dilakukan untuk membunuh nyamuk dengan melakukan pengasapan. Biasanya setiap rumah akan dilakukan penyemprotan cairan insektida sudah diracik agar berada dalam kontrol tepat. Kandungan gas di dalamnya memang ditujukan untuk serangga kecil seperti nyamuk. Tapi jika gas ini terhirup dalam kapasitas banyak maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut 5 gangguan yang akan yerjadi pada tubuh manusia jika menghirup asap fogging berlebih :

– Saluran pernapasan

Dampak terasa saat proses pengasapan ini berlangsung yaitu terganggunya sistem pernapasan. Asap tebal dengan bau menyengat akan berpengaruh terhadap sistem pernapasan anda jika di hirup dalam waktu yang lama. Prosesnya yaitu adanya lendir yang diproduksi menjadi lebih banyak, menyebabkan iritasi dan bisa sampai menjadi kanker pada saluran pernapasan jika dibiarkan. Untuk itu hindari berada di wilayah pengasapan dan tunggu beberapa saat sampai asap sudah mulai menghilang.

Saluran pernapasan
Saluran pernapasan

– Pencernaan

Dulu fogging nyamuk menggunakan cairan mengandung zat pyrethroid sintetis. Dan sekarang diganti dengan jenis organophosporester insectisida salah satunya malathion. Zat inilah yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada pencernaan manusia. Gejala yang bisa terjadi yaitu dari mulai mual, muntah sampai diare. Jika Anda merasakan hal ini ketika proses pengasapan berkahir, segera untuk cek kesehatan lebih lanjut ke dokter agar dapat di antisipasi dengan cepat.

– Sistem kekebalan tubuh

Ternyata asap fogging juga bisa menurunka sistem imun pada tubuh. Ini terjadi jika tubuh sering terpapar asap fogging dalam waktu lama. Bisa jadi Anda membiarkan hal ini karena ketidaktahuan selama proses fogging dilakukan. Sehingga pada akhirnya terasa yaitu mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuh semakin menurun akibat paparan pestisida.

– Rentan pada ibu hamil

Jika Anda sedang hamil saat proses fogging dilakukan maka segera untuk berpindah tempat. Karena dari semua orang yang bisa terkena penyakit dari asap fogging, ibu hamil lah lebih rentan terkena gangguan. Salah satunya menyebabkan janin menjadi lebih hiperaktif karena paparan zat malathion. Selain itu lindungi juga anak-anak, lansia dan pasien kemoterapi dari gas fogging.

Rentan pada ibu hamil
Rentan pada ibu hamil

– Terganggunya sistem saraf

Dan harus Anda hindari dari proses penyemprotan gas insektida ini yaitu untuk melindungi saraf pada tubuh. Karena ternyata gas tersebut dapat memicu reaksi neurotoksin dalam sistem saraf. Sehingga membuat Anda mengalami kehilangan ingatan, kelumpuhan, sulit konsentrasi sampai hilang kesadaran.
Asap fogging menang sangat membantu untuk melindungi orang-orang dari terkena demam berdarah.

Tapi jangan sampai perlindungan ini justru menimbulkan penyakit yang lainnya. Untuk itu selama proses fogging dilakukan, Anda harus menghindarinya dengan tepat. Anda harus menggunakan masker wajah, menutup semua perabotan dengan plastik, jangan simpan makanan di tempat terbuka, bak mandi harus dalam keadaan kosong dan paling penting buka pintu serta jendela saat proses fogging sudah dilakukan. Dan paling penting tetap jaga kebersihan agar terhindar dari demam berdarah.