Wisata Alam Jawa Timur untuk Para Petualang Sejati

Wisata alam Jawa Timur merupakan destinasi paling lengkap di Indonesia. Memiliki berbagai keanekaragaman seperti, desa wisata, air terjun, perkotaan, taman nasional, gunung hingga wahana permainan kelas dunia. Hampir seluruh kawasan mempunyai kemudahan akses, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Biaya penyewaan kendaraan juga murah serta terjamin kualitasnya, cukup menggunakan 3 identitas berbeda saja sudah mampu berkeliling selama 24 jam. Hal ini memudahkan wisatawan khususnya para petualang sejati mengunjungi berbagai destinasi favorit. Tiket masuk setiap kawasan tergolong murah, sesuai dengan keindahannya.

Wisata Alam Jawa Timur untuk Para Petualang Sejati
Wisata Alam Jawa Timur untuk Para Petualang Sejati

Keindahan Air Terjun di Wisata Jawa Timur

Salah satu alasan berkunjung ke wisata alam Jawa Timur adalah keindahan air terjun. Hanya saja untuk mencapainya tidak mudah, diperlukan perjuangan keras. Tidak mudah, tetapi memiliki panorama menarik mulai dari area parkir hingga sampai titik lokasi. Semuanya memberikan pengalaman berbeda.

Salah satun keindahan di Jawa Timur adalah Air Terjun Madakaripura terletak di lereng Gunung Bromo, lebih tepatnya berada di Desa Sapih, masih satu kelurahan Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Ketinggian air terjunnya mencapai 200 meter, merupakan tertinggi ke dua di Indonesia. Memiliki cerita mitos sebagai pertapaan patih Majapahit yaitu, Gajah Mada.

Mencapai titik lokasi, dibutuhkan perjuangan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 jam. Melewati tebing, sungai, serta lembah perbukitan. Disarankan mengunjunginya pada saat musim kemarau, atau lihat juga kondisi cuaca. Bila terlihat buruk sebaiknya jangan, sangat berbahaya, kondisinya sering terjadi banjir mendadak.

Waktu kunjungan terbaik sekitar pukul 9 pagi. Jangan terlalu siang, agar bisa menikmati keindahannya. Usahakan membawa jas hujan, agar tidak basah. Ciri khas Madakaripura adalah bentuk tebingnya. Menyerupai ceruk, aliran air terdapat dihampir seluruh tebing, intensitasnya kecil hingga sedang.

Wisata Alam Jawa Timur ini memiliki kolam dengan kedalaman 6 sampai 7 meter. Disini sudah disediakan sebuah balok kayu, fungsinya sebagai pelampung. Dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet, kamar mandi, toko souvenir, serta penjual madu langsung dari sarangnya. Menikmatinya perlu membayar Rp22.000,-.

Wisata Alam Jawa Timur untuk Para Petualang Sejati
Wisata Alam Jawa Timur untuk Para Petualang Sejati

Air Terjun Tumpak Sewu dengan Letak di Jalan Raya Sidorenggo

Keindahan air terjun Jawa Timur juga bisa ditemui di Tumpak Sewu. Lokasinya terletak di sekitar Jalan Raya Sidorenggo di daerah Dusun Besukcukit. Masih satu wilayah dengan Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, di Kabupaten Lumajang. Disebut sebagai Niagara mini Indonesia karena penampilannya hampir mirip.

Sudah tersedia fasilitas gardu pandang dengan luas 30 meter persegi, mampu menampung kurang lebih 50 orang. Untuk bisa menikmati air terjun langsung, wisatawan diwajibkan menuruni dinding Tumpak Sewu. Harus hati-hati karena jalan sangat licin. Sudah dilengkapi dengan pegangan besi demi keselamatan.

Bila punya cukup keberanian, berkunjung ke Goa Bidadari. Lokasinya tidak jauh dari air terjun. Menurut kepercayaan warga setempat, goa ini digunakan sebagai tempat pertapaan. Tiket masuk akan dikenakan Rp10.000,- setiap orang. Tersedia berbagai fasilitas lengkap mulai dari toilet bersih, tempat ibadah, serta warung makan.

Keindahan Matahari Terbit bisa Dinikmati di Jawa Timur

Wisata Alam Jawa Timur tidak hanya menyajikan pesona air serta hijaunya perbukitan saja. Keindahan matahari terbit juga tersedia disini. Bagi para petualang sejati, mengunjungi titik tertinggi adalah kewajiban. Apalagi, disini punya Gunung, namanya sudah dikenal hampir seluruh penjuru dunia.

Salah satu gunung terkenal di Jawa Timur adalah Gunung Semeru serta mempunyai ketinggian 3676 Mdpl, merupakan puncak tertinggi di Jawa dengan sebutan Mahameru. Sekaligus, gunung berapi paling tinggi di Indonesia. Terkenal dengan kawasan Ranu Kumbolo. Sebuah danau, menyajikan keindahan, sering dijadikan sebagai tempat camping para pendaki. Dari sini pesona matahari terbit terlihat sangat indah.

Tidak heran bila pendaki memilih mendirikan tenda disini waktu berangkat atau pulang. Mempunyai mitos tentang percintaan di area Tanjakan cinta. Waktu pendakian kurang lebih 7 jam sampai 9 jam. Tempat favorit menggelar upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga, saat bulan Agustus Gunung Semeru ramai dikunjungi.

Titik pendakian Wisata alam Jawa Timur ini adalah Ranu Pane, menuju ke sana bisa menyewa jeep dengan harga mulai dari Rp800.000 untuk pulang-pergi. Keberangkatan dari Stasiun Malang Kota Baru. Atau menggunakan kendaraan bermotor melalui kawasan Tumpang. Jangan menggunakan motor matic sangat berbahaya.

Kawah Ijen Juga Tidak Kalah Indahnya untuk Melihat Matahari Terbit

Berbicara mengenai keindahan matahari terbit, Kawah Ijen Banyuwangi juga tidak kalah indahnya. Bahkan, di tempat ini punya panorama Blue fire atau api biru. Fenomena alam langka ini bisa disaksikan pukul 2 dini hari hingga matahari terbit. Waktu tempuh pendakian kurang lebih 2 jam.

Keunikan dari Gunung Ijen adalah adanya para penambang tambang belerang. Oleh karena itu, disarankan memberikan jalan terlebih dulu bila berpapasan disepanjang jalur pendakian. Jangan lupa menggunakan masker khusus. Jangan kain, atau masker medis. Bau Belerang sangat menyengat, berbahaya bagi tubuh.

Perjalanan tidak biasa menuju ke berbagai destinasi memang menyenangkan. Selain mendapatkan pengalaman baru, bertemu dengan banyak orang, berkenalan berbagai cerita adalah rutinitas wajib. Wisata alam Jawa Timur tidak cukup sampai disitu, masih banyak tempat untuk dijelajahi.