Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tak Kalah Keren dari Luar Negeri, Yuk Berkunjung

Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal dengan keraton dan Malioboro. Namun jangan salah, karena sebenarnya banyak obyek wisata lain yang menarik di Yogyakarta. Jika kamu merupakan pecinta wisata air seperti laut atau pantai, maka kamu perlu mencoba wisata pantai di Yogyakarta. Pantai apa saja yang ada di Yogyakarta? Berikut penjelasannya.

  1. Pantai di Bantul

Jika kamu ke Bantul, jangan lupa untuk berkunjung ke bebrapa pantai yang ada di Bantul berikut ini.

  • Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memang sudah cukup terkenal dan banyak yang menyigkatnya dengan Paris. Jaraknya cukup dekat dari kota Yogyakarta. Hanya perlu perjalanan kurang lebih satu jam.

Pantai parangtritis
Tempat wisata
  • Pantai Depok

Pantai Depok juga cukup terkenal karena merupakan pusat kuliner laut yang ada di kabupaten Bantul. Jarak pantai Depok tidak terlalu jauh dari pantai Parangtritis.

Pantai depok
Tempat wisata Pantai di Yogyakarta
  • Pantai Baros

Pantai baros mungin termasuk baru. Tempat wisata pantai Baros ini juga termasuk dalam kawasan hutan mangrove.

  • Pantai Samas

Pantai Samas terletak di kecamatan Sanden, Bantul. Tempat wisata pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan anginnya yang kencang

  • Pantai Pandansari

Pantai Pandansari sangat dekat dengan pantai Samas, hanya perlu perjalanan beberapa ratus meter saja untuk sampai di pantai Pandansari. Di pantai Pandansari terdapat mercusuar yang akan menyajikan pemandangan yang indah. Kamu hanya perlu tenaga untuk menaiki tangga hingga puncak mercusuar.

  • Pantai Goa Cemara

Letak pantai Goa Cemara juga tidak terlalu jauh dari pantai Pandansari. Kamu anya perlu ke barat beberapa ratus meter. Disebut goa cemara karena di pantai ini banyak sekali pohon cemara udang yang membentuk seperti mulut goa. Kamu bisa menikmati pantai dengan berteduh di bawah pohon cemara.

  • Pantai Baru

Di pantai baru juga terdapat pohon cemara udang, tapi tidak serimbun di pantai goa cemara. Pantai baru sangat pas jika untuk berwisata bersama keluarga karena banyak wahan permainan yang pas untuk anak-anak.

  • Pantai Kwaru

Tempat wisata pantai kuwaru tidak jauh beda dengan pantai baru. Pantai kuwaru memiliki banyak pohon cemara yang meneduhkan. Pohon cemara nya tidak serimbun di goa cemara jadi sangat pas untuk tempat makan bersama keluarga.

  • Pantai Pandansimo

Sebenarnya kamu bisa melakukan susur pantai dari pantai samas, pandansari, goa cemara, kwaru, baru, dan pandansimo karena pantai-pantai ini terletak di daerah yang sama.

  1. Pantai di Gunung Kidul

Sebenarnya banyak pantai yang sangat indah di Gunung Kidul. Namun kamu perlu waktu kira 1,5 hingga 2,5 jam untuk sampai di pantai Gunung Kidul. Apa saja pantai yang dimaksud? Berikut ulasannya.

  • Pantai Baron

Mungkin sudah banyak yang mengenal pantai Baron, ya pantai ini sudah cukup terkenal. Pantai Baron diapit dua bukit karang tinggi. Ombaknya yang tinggi membuat munculnya larangan untuk berenang. Pantai Baron ini satu wilayah dengan pantai Kukup, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, dan Pantai Poktunggal. Banyak bukan? Kamu bisa susur pantai

Pantai di Gunung Kidul
Tempat wisata Pantai di Yogyakarta
  • Pantai Wedi Ombo

Tempat wisata Pantai wedi ombo diapit oleh dua bukit karang. Pantai ini juga dikelilingi karang yang berjajar rapi.

  • Pantai Sundak

Tempat wisata pantai Sundak terletak di sepanjang gugus pantai Baron dkk. Pantai Sundak memiliki pasir putih kecoklatan yang masih bersih. Begitupula dengan lautnya. Lautnya masih jernih.

  • Pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Nglambor,
  • Pantai Ngobaran, Pantai Ngreneh

Demikian tadi beberapa tempat wisata pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu tertarik untuk mengunjunginya?